Selasa, 28 Februari 2017

PROFIL UPT PUSKESMAS RIUNG BANDUNG KOTA BANDUNG

Kedudukan Puskesmas dalam Sistem Kesehatan Nasional adalah sebagai sarana Pelayanan Kesehatan, baik perorangan maupun masyarakat pada tingkat strata pertama. Adapun kedudukan pada Sistem Kesehatan Kota adalah sebagai Unit Pelaksana Teknis Dinas Kesehatan Kota yang bertanggung jawab menyelenggarakan sebagian tugas Pembangunan Kesehatan Kota, sedang kankedudukan Puskesmas pada Sistem Pemerintah Daerah merupakan Unit Struktural Pemerintah Kota.
Puskesmas juga memiliki tiga fungsi utama yaitu :
Sebagai pusat pengembangan kesehatan masyarakat di wilayah kerjanya.
Dalam rangka meningkatkan mutu pelayanan dan pemerataan jangkauan pelayanan kesehatan, Puskesmas berfungsi menegakkan diagnosis masalah masyarakat, mengadakan pengamatan secara terus menerus segala perubahan terjadi yang mungkin membahayakan kesehatan masyarakat, mengembangkan inovasi dan memanfaatkan teknologi tepat guna dalam penyelenggaraan pelayanan kesehatan masyarakat.
Sebagai pusat pembinaan peran serta masyarakat di wilayah kerjanya dalam rangka meningkatkan kemampuan masyarakat untuk hidup sehat.
Puskesmas berfungsi mendidik, mendorong dan membantu masyarakat untuk mandiri dalam bidang kesehatan, meningkatkan pengertian, kemauan dan kemampuannya untuk hidup sehat.
Sebagai pusat untuk memberikan pelayanan kesehatan secara menyeluruh, terpadu dan bermutu kepada masyarakat dalam rangka memelihara dan melindungi kesehatan masyarakat.
Untuk mewujudkan ketiga fungsi tersebut maka UPT Puskesmas Riung Bandung memiliki Visi dan Misi untuk menentukan arah dan tujuannya agar kinerja dan fungsi Puskesmas lebih fokus, efektif dan efisien dalam mencapai hasil kegiatan. Adapun indikator yang terdapat didalamnya merupakan implementasi dari Visi Kota Bandung yaitu masyarakat yang hidup dalam lingkungan dan perilaku sehat, memiliki kemampuan menjangkau pelayanan kesehatan yang bermutu secara adil dan merata serta memiliki derajat kesehatan yang setinggi-tingginya.

Adapun Visi dan Misi UPT Puskesmas Riung Bandung sbb ;
Visi UPT Puskesmas Riung Bandung
“ Sebagai Institusi Pengemban Pelayanan Kesehatan Masyarakat Terdepan di Kecamatan Gede Bage “

Misi UPT Puskesmas Riung Bandung
“ Menjadikan masyarakat mandiri dalam hidup sehat,
  Menjadikan PHBS masyarakat sebagai gaya hidup,
  Memberikan pelayanan kesehatan yang bermutu, merata dan terjangkau tanpa terkecuali,
  Menjadikan pemberdayaan masyarakat sebagai mitra terdepan pelayanan ”

Tidak ada komentar:

Posting Komentar